Motivasi Kesuksesan Toyota Di Dunia Adalah KAIZEN


Agen Poker - Siapa yang tidak kenal dengan Toyota? Salah satu raksasa otomotif terkemuka di dunia. Bahkan, di pasar mobil Indonesia, Toyota adalah pemimpin pasar. Penjualan melebihi perusahaan mobil lain, keduanya sama-sama berasal dari Jepang, serta dari Amerika dan Eropa.

 agen poker


Apa yang dicapai Toyota hari ini, tentu tidak bekerja dalam semalam. Toyota membangun perusahaannya selama hampir seratus tahun dan selalu memegang prinsip-prinsip bisnis mereka dengan perusahaan. Salah satu prinsip-prinsip bisnis Toyota yang cukup terkenal adalah Kaizen. Apa itu? Dikatakan bahwa ini adalah rahasia keajaiban perusahaan ini mempertahankan kualitas produk dari waktu ke waktu.

Perbaikan Tidak Berhenti

Kaizen, adalah prinsip yang memiliki peran yang sangat kuat dalam membuat Toyota menjadi perusahaan terkemuka seperti sekarang ini. Kaizen berarti perbaikan tanpa henti (continuous improvement). Terus berkembang dan berinovasi untuk menjadi lebih baik.

Agen Domino - Untuk perusahaan mobil yang dipimpin oleh Akio Toyoda itu, 'jika semua berjalan dengan baik, itu berarti ada masalah besar disembunyikan karena mereka tidak dapat mempelajari lebih lanjut di'. Mereka melihat kekurangan atau kesalahan adalah bukan hal yang buruk, melainkan sebagai kesempatan untuk belajar. Dari sana, Toyota mengoreksi kekurangan ini daripada menyalahkan sumber daya manusia, dan berbagi pengetahuan tentang penyebab dan solusi dari kekurangan ini untuk semua pihak. Dengan begitu, mereka dapat memiliki data baru untuk berinovasi dan melatih karyawan

Yuichi Okamoto, mantan wakil presiden Toyota Technical Center untuk memberikan jawaban atas pertanyaan apa rahasia keberhasilan Toyota dalam sistem pengembangan produk. Dia menjawab bahwa teknik yang mereka gunakan cukup canggih, yang meminta 'mengapa' lima kali. 'Canggih' di sini adalah sarkasme. Jadi maksud sebenarnya adalah Toyota tidak memiliki teknik yang rumit untuk mengembangkan produk mereka. Apa yang mereka lakukan sangat sederhana, namun efektif.

Meminta 'Mengapa' Sebanyak lima kali

Agen Poker Online - Toyota percaya bahwa masalah sebenarnya terletak pada 'akar masalah' daripada 'sumber'. Akar masalah bersembunyi di balik sumbernya. Untuk menemukan akar masalah, perlu dipertanyakan apa yang menyebabkan sumber masalah. Itu sebabnya teknik Toyota untuk bertanya 'mengapa' lima kali untuk menemukan akar masalah.

Misalnya, ada kasus yang minyak berceceran di lantai toko. Kami bertanya 'mengapa minyak berceceran di lantai toko?'. Dari pertanyaan-pertanyaan ini muncul jawaban 'karena mesin membuat tetesan minyak'. Jawaban dari pertanyaan pertama ini menimbulkan pertanyaan 'mengapa mengeluarkan mesin tetesan minyak?' Yang menjawab 'karena gasketnya memburuk'. Jawaban untuk kedua ini akan menimbulkan pertanyaan 'mengapa gasketnya buruk?' Dan seterusnya sampai jawaban itu ditemkan bahwa departemen keuangan memiliki target penghematan dalam jangka pendek. Tanggung jawab utamanya adalah akar dari masalah yang akan dipecahkan. Memecahkan masalah dari akar ini membuat Toyota mampu memecahkan masalah dengan cepat dan segera memperbaikinya.

Keberhasilan Toyota Yaris

Kaizen, tidak hanya dapat memecahkan masalah, tetapi juga untuk mengembangkan rincian dan mengembangkan produk. Ketika Toyota belum banyak dikenal di Eropa, ada yang bertanya mengapa desain mobil Toyota sangat jelek. Toyota kemudian menyadari bahwa itu adalah masalah untuk masuk ke pasar Eropa. Pada saat itu, mobil Toyota yang dirancang untuk memenuhi keinginan Jepang dan kemudian diimpor ke luar negeri.

Agen Domino Online - Setelah menemukan akar penyebab kurang pesatnya pertumbuhan penjualan di Eropa, mereka merekrut desainer dari barat untuk menyesuaikan gaya mobil disukai oleh pasar Eropa. Sotiris Kovos, seorang desainer Yunani disewa untuk menciptakan desain Yaris mobil. Terbukti, dengan desain, mobil Toyota Yaris yang dijual di pasar Eropa dan bahkan meningkatkan pangsa pasar Toyota di sana asli 3% menjadi 4,4%. Ketika Toyota Yaris diimpor ke Jepang, orang Jepang juga suka karena terlihat sangat 'Eropa'.

Mencari akar masalah, menemukan solusi yang tepat, dan belajar terus menerus membuat Toyota kemampuan untuk berinovasi dan menyesuaikan produknya dengan selera lokal. Inilah yang kemudian menyebabkan Toyota menjadi salah satu perusahaan mobil terkuat di dunia.

Metode ini sebenarnya sangat bisa digunakan untuk berbagai bidang, bahkan pada semua orang. Asalkan kita memiliki kemauan untuk belajar dan terus berinovasi, sukses ala Toyota dapat direplikasi dan diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.